Symplexcamp's Corporation

Persembahan Hati Dari Jiwa Seorang Petualang

ABSTRAK INDONESIA (Proyek Akhir)

ABSTRAK

Kantor Telkom Surabaya Timur telah menerapkan teknologi Synchronous Digital Hierarchy (SDH) pada perangkat telekomunikasi DLC SDH Ringloop Huawei-Honet di area Rungkut. Perangkat ini menggunakan aplikasi berbasis Local Area Network (LAN) untuk monitoring dan menyelesaikan gangguan pelanggan yang dinamakan Network Management System (NMS).

Luasnya cakupan wilayah yang luas, banyaknya jumlah kabinet perangkat dan sedikitnya pegawai telkom MFRAN (Maintenance Fiber and Radio) yang dapat mengoperasikan perangkat ini menyebabkan gangguan sering sekali tertunda karena harus menunggu teknisi. Faktor utamanya belum adanya buku petunjuk, struktur penyusun perangkat, cara pengoperasian NMS, dan cara penyelesaian gangguan pelanggan pada perangkat Huawei secara terperinci.

Metodologi yang digunakan adalah langsung turut serta di lapangan menyelesaiakan penanganan gangguan. Tahap pertama pengumpulan literature baik dari buku maupun internet. Tahap kedua melakukan wawancara termasuk melakukan tanya jawab. Tahap ketiga melakukan observasi dan praktek langsung dalam mengatasi gangguan perangkat DLC Huawei-Honet.

Dalam proyek akhir ini dihasilkan semacam prosedur manual penanganan gangguan berdasarkan pengalaman yang penulis alami dilapangan mulai dari jenis gangguan dan cara penanganan gangguan menggunakan NMS hingga penanganan langsung dilapangan. Hasil dari proyek akhir ini diharapkan semua pegawai MFRAN dapat menguasai penanganan gangguan pelanggan baik menggunakan NMS maupun langsung turun dilapangan.

Kata Kunci : DLC, SDH, LAN, NMS, Huawei-Honet

3 September 2009 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: