Symplexcamp's Corporation

Persembahan Hati Dari Jiwa Seorang Petualang

Pilih Modem GSM Murah? Modem GSM Sierra 881u pilihanku!!!

Gak ada dalam benakku akan membeli modem internet GSM, pengen nya sih yang murah saja namun dengan kualitas yang  bagus. Dari merek sih yang menurutku di pasaran ada banyak sekali tapi entah mengapa ada 2 produk yang menurut pendapatku bagus yaitu Huawei-Vodavone dan juga Sierra – AT&T. Itu karena aku melihat itu salah satu vendor yang sudah lama bergerak di dunia telekomunikasi sehingga aku cenderung memilih 2 jenis itu (ini berkat pengalaman ku di dunia pertelekomunikasian maklum anak elektro telekomunikasi), bukan seperti sekarang yang banyak muncul vendor baru untuk menggebrak pasar dengan harga yang relatif murah. Tapi ada ketakutan saat itu antara membeli Huawei yang tanpa baterai (rata-rata berbentuk USB) ataukah Sierra yang ada dua jenis dengan baterai misal 881u atau tanpa baterai misalnya 885U yang berbentuk stick USB yang katanya sama-sama support GPS.

Dari segi harga jelas Huawei diatasnya sedikit jika setipe misalnya USB huawei vs USB sierra jelas sekali Huawei lebih mahal 100-150 ribu. Wow sungguh terlalu saat aku sempat liat di pameran komputer. Masak beda jauh ya, padahal fitur yang ditawarkan hampir sama. Entah kenapa kok aku nekat memilih dan mencari Sierra 881u padahal konon katanya kalo modem pakai beterai akan cepat ngedrop baterainya, terus apa aku gak mikirin juga keuanganku? Terus apa bener tanpa baterai itu bakalan lebih awet? Tunggu dulu bro klo menurutku sih semua perangkat elektronik tuh pasti deh ada umur masa pakainya, jadi dengan bekal ngenet aku mencari informasi modem, spesifikasi, terus jaringan, kelebihan dan kekurangan dan badala akhirnya pilihanku tertuju ke Modem GSM Sierra 881u.

Yang jadi alasanku saat itu untuk membeli modem ini:

  1. Jelas harganya murah banget, dibawah 700 ribu lebih tepatnya 675 rebu (Garansi 6 bulan) pada awal bulan Mei 2009 kemarin sebenernya ada juga yang nawarkan 699 dapet IM2 clasic jadi klo di hitung-hitung ada yang nawarin 650 ribu tapi garansi 2 bulan. Ya dengan terpaksa aku beli aja 25 rebu buat beli garansi 4 bulanya., dari pada ada resiko.
  2. Urusan umur baterai sih aku kesampingkan termasuk ukuran yang agak besar udahlah paling juga beratnya gak jauh beda sama HP, kalo beratnya 1 kg gitu baru deh aku pikir-pikir (kuat gak bawanya klo 1kg? trs apa kuat tuh klo penopang USB nya pas nancep di laptop klo seumpama 1 Kg?bisa patah tuh). Ngaco kali kalo sampe beratnya 1 kg!!! Palingan juga yang USB tanpa baterai beratnya 20-40 gram-an.
  3. Jelas lah namanya perangkat elektronik pasti da umur pakenya, milih yang murah dan berkualitas kan gak ap2 bro jadi kalo beneran gampang rusak gak bakalan rugi-rugi amat. Betul gak? Apalagi kan sama-sama ada garansinya tau deh tar gimana tapi setelah makai 1 bulan belum ada masalah sih. Harapan besarnya sih gak ada masalah didepan, klo temen-temenku sih banyak yang makai Huawei, tapi aku gak mau klo tiru2 gak level deh, aku kan belum kuat yang mahal-mahal.
  4. Operasi Windows yang ku gunakan di laptop adalah Windows Vista. Jelas sekali aku harus nyari yang support vista, dan modem ini juga sudah support tanpa harus upgade firmware maupun software. Klo yang Huawei harus nyari download nya. Tapi sierra ini sudah dari sananya support vista, gak mau ambil resiko lah!!
  5. Ada antena eksternalnya juga jadi seumpama kurang kuat kan bisa dibeliin antena luar.
  6. Ada GPS enable nya dengan kata lain support Global Positioning System kota dan gratis karena manggunakan satelit langsung.
  7. Support frekuensi yang banyak  UMTS/HSDPA, HSUPA ,EDGE/GPRS ,WCDMA, Bands 850/1900/2100MHz WCDMA Power class 3 (+24dBm) 850/900MHz GSM/GPRS/EDGE GSM Power class 4/EDGE E2 1800/1900 MHz GSM/GPRS/EDGE GSM Power Class 1/EDGE E2 GPS/1575 MHz
  8. Keuangan ku yang menipis saat itu dan belum lagi beli staterpack kartu yang digunakan apa T-Flash atau IM2 yang jelas bisa habis tuh 200ribu an buat kartunya doang, jadi ngapain bli yang mahal modemnya tapi tar gak bisa beli kartu 3/3,5G nya. Betul gak? (untuk pemilihan kartu akhirnya aku jatuhkan ke IM2 Broom Xtra Unlimited dan akan saya tuliskan di blog untuk kesempatan selanjutnya.
  9. Dulu sebenernya pengen beli hape yang 3G/3,5G tapi katanya koneksinya kalah ma modem yang asli, ya udah deh beli modem aja lagian tuh hapeku banyak masih ada 4 yang nganggur. Ada yang mau beli gak ya hape katrok2 ku? $_$

Inilah gambar Modem yang saya beli dan fitur yang ditawarkan:

Spesifikasi Modem GSM Sierra  AirCard 881U:

*Kecepatan trasfer of up to 7.2 Mbps on the downlink and 2.0 Mbps on the uplink, di jaringan HSDPA.

*Koneksi yang familiar menggunakan USB

* Sangat kompetibel untuk  jaringan HSDPA, UMTS, EDGE, GPRS, and GSM

* Support OS: Windows® Vista, XP, 2000, dan Mac OS X

* Baterai internal untuk mensuplai catu daya menggunakan port USB untuk memberikan ekstra daya yang diharapkan di jaringan.

* Portable solution for enterprise & home use

* High speed wireless connectivity in more places than Wi-Fi, offering greater mobility

* Global compatible – support for latest HSPA technology, but backward compatible where unavailable

* Reliable connection and speed, even in fringe network areas Technical Specifications

* Technology USB Modem (USB Port) MSM 7200 Chipset UMTS with HSDPA Category 8/6/12 (7.2/3.6/1.8 Mbps downlink) HSUPA Category 5 (2.0 Mbps uplink) EDGE/GPRS MS Class 12 WCDMA receive equalizer with dual antenna diversity

* Bands 850/1900/2100MHz WCDMA Power class 3 (+24dBm) 850/900MHz GSM/GPRS/EDGE GSM Power class 4/EDGE E2 1800/1900 MHz GSM/GPRS/EDGE GSM Power Class 1/EDGE E2 GPS/1575 MHz

* Dual antena (internal dan support eksternal)

* Operating System Support Windows® Vista, XP, 2000 Mac OS X

* Beroperasi pada suhu: 0 to 45° Celsius

* Suhu penyimpanan: -40 to 85° Celsius.

* Daya tegangan baterai: 5.0 V USB Port: 500 mA Li-Poly Battery: 380 mA

* Sistem yang disarankan: Pentium 150 MHz or higher Memory: 32 MB Disk Space: 32 MB

* Dimensi 93mm (L) 39mm(W) x 20mm (H) Berat: 60 grams (dengan battery)

Pokoknya manteb deh nih produk walau mungkin ada umur baterainya. Sayang aku belum ngaktifin GPS nya selain itu bisa buat nangkep jaringan wi-fi juga mungkin sangat cocok jika anda punya laptopnya belum ada wifi disaat anda tidak dapat memelihara pulsa cari aja wifi gratis di tempat umum. Xi2x kan gak ada salahnya kalo hanya sekedar digunakan gratis. Dari pada beli Wifi yang 200-300 ribuan kan bisa jadi alternatif nih modemnya.  Multifungsi kan produknya, jadi alasan inilah yang saya gunakan buat memilih produk ini. Moga aja gak da masalah setelah dipakai lama.

2 Juni 2009 - Posted by | Elektronik

24 Komentar »

  1. Mau tanya nich?
    Kira2 panas gak modem ya. .
    Klau pemakaian lama. .
    Soalna jg mw beli nich,tp msh ragu. .?hehe

    Komentar oleh Ninqrad | 14 Juni 2009 | Balas

    • Ya bisa dibilang agak panas gtu (maklum namanya ada baterainya) tapi aku makenya tak kasih kipas angin dengan tak kasih perpanjangan sambungan USB, kenapa mahal2 bli dockingnya klo pake USB yang 5000 an aja bisa.xi2x Tapi aku juga pernah pake 1mggu full kok alhamdulih gak da masalah. Ini aja dah 5hari belom mati.

      Komentar oleh Ferry Ogi Setiawan | 14 Juni 2009 | Balas

      • gitu yah mas..
        malah diblog sebelah ,katae tetep dingin tuh dipakai 1mgu nonstop..
        mantap nich sierra
        rekomed bgt pokoe,

        besok mw ke expo mumpung da pameran IT
        mw bili hohoho

        thanks infonya

        Komentar oleh ninqrad | 14 Juni 2009

      • wah kalo dia bilang dingin mungkin di kulkas kali…ato makenya dikutub utara…xi2x.Wah bohong kalo bilang dingin, namanya juga barang elektronik sih mesti ada panasnya. Lha temanku aja pake huawei aja juga ada panasnya…he2x.

        Komentar oleh Ferry Ogi Setiawan | 14 Juni 2009

  2. Walah. .
    Klau huawei emang cepet panaz. .
    Lgan jaringane gak stabil,tmen ku da yg punya tuh. . .

    itu beli sierra dmana dpat harga 6,75 an. .
    Pas pameran pa normal
    maklum dana cekak. .heheg

    Komentar oleh Ninqrad | 15 Juni 2009 | Balas

    • pas pameran di JEC, aku belinya di toko el’s komputer jogja. Kemaren sih malah ada yang 650 tapi ya itu garansinya cuma 2 bulan ya mana berani…nyari amannya aja garansi 6 bulan….he2x.Ya kalo dana cekak emang ini yang cocok….pokoknya jangan sampe celanan cekak…wakaka

      Komentar oleh Ferry Ogi Setiawan | 17 Juni 2009 | Balas

  3. Bro…. sierra memang tokcer kok mangkanya aku jg cuman merekomendasikan sierra sama pelanggan2ku…. aku yah jualan sierra. cb kunjungin blogku irbycell.blogspot.com tengkiu

    Komentar oleh Agung | 18 Juni 2009 | Balas

  4. mas klo dibandingkan sierra 885 gmn??ak juga lagi bingung nich?

    1.kemarin ak beli yg murah alias smart eh ga cukup bwt ak tuch
    2.sekarang lg ada yang nawarin sierra 885 harga 850 plus im2..trus jadi member internet online 50rb per bulan,,

    3. ada juga nawarin option gt 7.2mbps harga 400rb

    tambah bingung nich help me>?thanks

    Komentar oleh dikin | 29 Juni 2009 | Balas

    • Ya kan semuanya ada kelebihan dan kekurangannya, kalo yang jelas kan 885 harganya diatasnya dikit beda tipis kalo kosongan aja ya kalo dipikir2 tuh gak jauh , dari segi fisik jelas simple 885u cos bentuknya kayak flasdisk aja dan kalo gak salah ada memori eksternalnya juga kan? ya tuh kelebihan juga bisa jd flasdisk.
      1. Maksud dari gak cukup buat aku tuh terlalu murah ya smartnya? (maklum aku gak tau modem smart yang dimaksud) he2x. Ya mungkin juga ngelihat jaringan juga kan?, belom lagi kalo smartnya masih lock cuma bisa pake smart doank.He2x. Kalo itu smart yang hape haier lok gak salah sih jelas lah bakalan kalah kecepatan koneksi nya, lagian kasian lok hape buat modem. Tau2 pas da yang miscal putus deh jaringan he2x. Kalo yang bentuk lain smart sih kayaknya mahal deh(maklum semenjak dah pake 881 u dah gak ada minat lagi googling cari info modem lain) jdnya gak tau kalo ada modem smart yang nyaingin vendor2 besar bentuk2 usb tuh ada pa gak.
      2. Kalo yang nawarin 850 ribu tuh biasanya sih kita cuma dikasih paket IM2 broom clasic alias gak unlimited cos harga yang clasic starterpacknya paling rendah 50 ribu jualnya mungkin tuh karena sepaket ma modem kali. Tapi dulu sempat liat dipameran IM2 Broom clasick ya sekitar segitu dijual terpisah lagi, tapi tau sendiri kan berapa jatah kuotanya (kan ada kuota2 an isi 5 rb cm dpt 5mb dst pe lupa berapa kuotanya cos aku kan pake unlimited bukan clasick. Kalo yang Broom Unlimited nyari aja kalo dapet 200 kebawah berarti anda beruntung karena rata2 di toko online 225an ribu. Bahkan di indosat m2 aja mematok harga pas 200ribu. he2x. Jd aku dulu beli tuh totalnya modem+im2= 675+200 itung ndiri yah…^_^. Jd logisnya pas aku dulu liat sih antara 881u dengan 885u terpaut 100 ribuan lebih mahal yang 885u, tapi gak tau sekarang dah turun lagi pa gak, jd cari logisnya apakah mungkin harganya modem tuh cuma 650 rebu? Ati2 tuh bilang nya cm im2 doang pa lagi (gak nyebutin broom clasic atopun unlimited) nyatanya banyak tuh yang ketipu harga im2 unlimited tapi ternyata isinya broom clasic. waspadalah2. Ya yang ketipu2 sih yang gak tau, padahal lok dah langganan clasic ya clasik aja gak bisa diubah jd unlimited ato sebaliknya. gtu cari amannya aja walau kadang tergiur harga murah tapi dengan paketan tapi yang diwaspadai, makanya itu dulu aku beli gak paketan.he2x
      3.wah lok modem yang harganya segitu tuh bener2 terjamin gak, jangan sampai ketipu lho. Cari reverensinya dulu gmana tuh modem, kelebihan dan kelemahannya. he2x

      jd kesimpulannya belilah yang sesuai budget anda……dulu sih 885u termasuk dalam kategori inceranku, tapi karena budget cm maksimal 900 plus kartunya jd terpilihlah sierra 881u. he2x. Itu pengalamanku lho, mungkin sampean pengen nyari yang lain misalnya lebih mahal he2x

      Komentar oleh Ferry Ogi Setiawan | 30 Juni 2009 | Balas

  5. bro ….sierra kamu pernah mengalami lampu led yang power nya menyala merah (normalnya khan hijau)….?????

    Komentar oleh beni @ IT UMM | 4 Juli 2009 | Balas

    • gak pernah bro, biasanya gara2 baterainya gak mau ngisi bro..

      Komentar oleh Ferry Ogi Setiawan | 4 Juli 2009 | Balas

  6. salut..salut..salut..
    aku salut dengan kesederhanaanmu…broo

    Komentar oleh nayowan | 6 Oktober 2009 | Balas

  7. Mau nanyak nich mas. Kira-kira modem sierra 881u itu sekarang masih ada yang jual gak ya. kan udah lama tuh dp pasarinnya. Thanks broo

    Komentar oleh agus | 6 November 2009 | Balas

    • Masih kok kan namanya juga produk laris so pasti pabriknya tetep mempertahanin dunk. Mungkin kalo sudah kalah bersaing ya jelas dia bakalan nelorin adik lagi hehehe

      Komentar oleh Ferry Ogi Setiawan | 6 November 2009 | Balas

  8. mas,,kalo sierra ada softwarenya yang buat windows 7 starter gak???bisa ga kalo dipke di w7??

    Komentar oleh cika | 3 Februari 2010 | Balas

    • wah klo yang terbaru sih kagak tau neng mungkin dah ada kali ya…xixixixi

      Komentar oleh Ferry Ogi Setiawan | 11 Februari 2010 | Balas

  9. nyari sierra modem? cek disini gan!

    Komentar oleh modem murah | 11 Februari 2010 | Balas

  10. mau tanya ne mas kira” ne modem support gx y ma windows 7? kalo support bisa minta link softwarenya gx? hehehe… ^^

    Komentar oleh Tomz | 1 Maret 2010 | Balas

  11. makasih infonya lagi cari-cari modem nih…

    Komentar oleh Meria | 9 Maret 2010 | Balas

  12. Modem jenis itu emang mantap.. pake baterai, jd sinyal kuat. btw klo mau beli modem kunjungi web ane gan!

    Komentar oleh modem murah | 18 Maret 2010 | Balas

  13. Mau tanya nih… Katanya Modem Sierra 881u bisa nangkep jaringan Wifi. Tolong klo bisa di ajarin caranya …
    Terima kasih…

    Komentar oleh Renandi | 28 Maret 2010 | Balas

  14. ku baru beli sierra 881u karena menurut gw emang modem paling komplit en keren dari segi GPS maupun koneksi internetnya…
    Tapi ada masalah nih ma modem gw…
    Gw beli modem di jogja….dari tokonya dicoba oke oke aja…tp pas gw bawa pulang kerumah dicoba bisanya cuman bentar…indikator power lednya langsung merah….gw pikir pasti karena pas kena batere yg jelek…ya udah gw balikin ke tokonya en dapet ganti baru sekalian beli satu biji batere yg baru buat cadangan….
    Yang bikin gw kesel ternyata batere ntu hanya tahan gw pake cuman kurang dari sejam….sejam berikutnya led indikatornya langsung merah lagi…..what’s wrong with my modem??? modemnya, baterenya ato laptop gw sih yang masalah???
    Gw ganti lagi pake batere cadangan satunya lagi…eh lampu hijaunya cuman bentar aja nyalanya…bis tu merah lagi…en diskonek lagi internet gw….

    Please ada yg bisa nolongin gak?? sebenere masalahnya dimana ya???? thanks

    Komentar oleh Gready | 2 April 2010 | Balas

  15. bisa buka webcem sekali banyak kalo chatiing asik…!…..!!…..!!…….ah

    Komentar oleh kuda.liar | 5 April 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: