Symplexcamp's Corporation

Persembahan Hati Dari Jiwa Seorang Petualang

Sisi Lain (Pesawat TNI Jatuh Lagi) Hercules C-130 = Motor Vespa Tahun 50-60’an

hercules dan vespa

Ngeri juga saat mendengar kecelakaan pesawat TNI beberapa hari ini, yah namanya juga pesawat tua tapi disini akan dibahas sisi lain dari pesawat hercules itu sendiri.

Dengan melihat tabel tahun  “terbang pertama” nya tidak dapat dipungkiri kalau pesawat hercules mirip dengan vespa tahun 50-60 an. Mungkin banyak persamaan yang menurutku sama yaitu:

  • Dari segi berat  jelas mirip sekali dengan vespa yang termasuk berat di kelas motor skuter, begitu juga pesawat hercules yang cukup berat dibandingkan dengan pesawat sejenis yang lain.
  • Dari tahun pembuatan sangat  jelas vespa dibuatpertama 6 dekade yang lalu (ya sekitar tahun 46 lah) dan ternyata pesawat hercules gak mau kalah bersaing ya di lahirkan tahun 50-60 an kalau sekarang sih udah 5 dekade yang lalu. Ternyata sama-sama tua nya…^_^
  • Muatan jelas banget pesawat hercules mampu mengangkut  hampir 2x bobot pesawatnya (bisa orang atau barang) , tapi vespa kan juga muat tuh ngangkut barang ato orang berlebih. Sama kan? Seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

vespa angkut

  • Pesawat hercules punya 3 ban pesawat (samping kiri, kanan, dan depan) begitu juga vespa kan punya tuh 3 ban (ban depan, belakang dan ban serep). Malah mungkin mirip ma bajaj kali ya? he2x
  • Boleh lah pesawat hercules dikatakan pesawat militer bisa buat membawa peralatan perang mislnya rudal,tank, panser namun gak menutup kemungkinan vespa dijadikan alat pembawa senjata perang tapi yang jelas vespa gak mungkin membawa tank ato panser tapi sangat mungkin klo tank membawa vespa. Seperti terlihat di gambar berikut vespa sebagai kendaraan militer:

vespa kendaraan tempur

  • Dari segi kendaraan keduanya sama-sama kendaraan yang sering masuk bengkel. Lha gak gimana sama2 tuanya kan…. He2x
  • Suku cadangnya dah sama-sama susah walau masih di produksi.
  • Bagasi kan juga sama-sama punya bagasi tuh tapi di vespa cuma nampung di samping. sayangnya vespa cuma muat buat nampung mainan tank-tank an
  • Sama-sama kalau belok gak kasih tanda alias gak pake riting (lampu belok). Maklum aja vespa taun segini jalanan masih sepi bro, gak perlu ritting aja bisa langsung belok tanpa ditabrak…Piss
  • Pada pesawat hercules perlu pilot dan kopilot sebagai navigatornya, begitu juga pada vespa karena yang dibonceng pasti juga sebagai navigator terutama waktu belok sebagai pengganti riting akan digunakan tangan orang yang dibonceng…(tangan melambai…kanan bang kanan..awas motor lain bang dibelakang.). Pengalaman pribadiku sih ma ortu.
  • Buat ganti ban yang bocor juga sama2 susahnya…berat bo klo gak pake dongkrak, apalagi pesawat yang gedhe begitu.
  • Dari segi aerodinamis kayaknya juga keduanya sama2 kurang deh maklum sama-sama bongsor sih dan juga  karena top speednya sama-sama gak terlalu tinggi.
  • Sama-sama pakai Bahan Bakar Minyak, mungkin juga sama-sama pakai oli samping yak?
  • Sama-sama pakai busi. Ya jelas lah mana ada mesin tanpa busi!!masak pakai pematik api kayak di pilem2.
  • Pesawat hercules boleh lah pakai baling-baling, begitu juga ada tuh baling-balingnya satu di mesin buat pendingun mesin he2x
  • Sama-sama masih manual, belom otomatik.

Yah kalau tau banyak persamaan dengan vespa gitu ngapain lagi makai pesawat itu. ^_^ Ganti tuh pesawatnya “para petinggi indonesia” jangan pakai pesawat ini lagi.

Mohon maaf jika ada pihak terkait yang tersinggung, ini hanya buat pambanding dan sebagai gurauan. Mohon maaf juga tidak bisa menampilkan berbagai sumber yang lengkap.  xi2x Silahkan kasih komentar yah…boleh tukeran link juga, maklum masih newbie nih kurang menarik bikin cerita2.

20 Mei 2009 - Posted by | Uncategorized

12 Komentar »

  1. hahaha lucu banget persamaanya…

    Komentar oleh satuempat | 31 Mei 2009 | Balas

  2. meskipun kalian gembel,bagi gue kalian adalah manusia2 yg berhati mulia.lihatlah!!!kalian lebih pantas berexpresi daripada gembel2 korup yg memekan uang rakyat

    Komentar oleh akfa | 20 Juli 2009 | Balas

  3. maju teruuuuuuus scooterist indonesia

    Komentar oleh akfa | 20 Juli 2009 | Balas

    • ya jelas maju terus lah…sayang sekali vespa ku sprint tau-tau dijual bokap lha gara-gara gak ada yang make…….tar mau beli vespa lagi ah dulu kan qu beli 1jt gr2 tetangga desa lagi butuh….

      Komentar oleh Ferry Ogi Setiawan | 20 Juli 2009 | Balas

  4. kwan” jgn lpa tgal 3 desember ada acara loh di mlang
    ok salm damai skuteris

    Komentar oleh awank MVC meruya vesva Club | 20 September 2009 | Balas

  5. anjriiiitttt pespa gokil” bgt….
    w jd pngen pnya pespa….hahahahaha

    karya kalian sangat mantab d’lihat…..
    huahuahuaaaaaaaaaaccccccccciiiiiiimmmmmmmmm

    Komentar oleh ari cahyadi | 14 Oktober 2009 | Balas

  6. keren gan ……..

    cma vespa iiank bisa kaiia pesawat …

    Komentar oleh boris anak scooter | 14 Oktober 2009 | Balas

  7. aink reseeep pisan kna motor vespa.mkin ancur mkin keren.hidup trus anak2 se indonesia.

    Komentar oleh gembel runtah | 17 November 2009 | Balas

  8. kerennnn………..wowww yoyoooooooooowww..mnding pra pjabat jga d ksh infntris pespa,,,,irit = bsa pijat jga…

    Komentar oleh sugeng pespa | 26 November 2009 | Balas

  9. maju terus scooterist se indonesia… katakan FUCK MATIK..and love vespa… gile karya” ank bangsa hebat” ya..vespa mirip sama pesawat… hehehehe

    Komentar oleh rengga TSC tandjidor scooter club | 15 Februari 2010 | Balas

  10. danke bro bagus perbandingannya,

    FYI,

    Nurtanio yg notabene cikal bakal berdirinya IPTN (sekarang DI) sebelum dinasionalisasi bikin pesawat ringannya pake mesin vespa loh.

    apapun itu:
    “Bertahan Satu Cinta,Bertahan Satu V… E… S… P… A…”

    Komentar oleh edojie "buaya" BrotherScoot Salatiga | 21 Juni 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: