Symplexcamp's Corporation

Persembahan Hati Dari Jiwa Seorang Petualang

Pendakian ke-3 double Rekor ARISMADUTA

Pendakian yang uwd qu jalani terakhir ini merupakan pendakian ke-3 qu menuju dua puncak sekaligus.  Ini merupakan rekor baru dalam pendakian Pecinta Alam Arismaduta dengan no keanggotaan AR 049 Bayu Rimba. Walau target gunung di jawa belum terpenuhi, akan tetapi semangat dan super team selalu dibutuhkan mengingat pendakian double merupakan pendakian yang menguras tenaga, waktu dan juga gak sedikit biaya yang dikeluarkan. Pendakian double pertama dilakukan menuju 2 S (Sindoro-Sumbing) pada tanggal 16 Agustus 2008. Pendakian 2 S ini merupakan awal pendakian nekat bersama 2 temenku, tanpa ada yang mengetahui jalur dengan modal nekat terciptalah perjalanan nekat ini yang asalnya hanya dari unjuk kekuatan 2 blok di arismaduta. Blok jawa timur dan blok jawa tengah.

Sedangkan pendakian double ke-2 ku menuju AW (Arjuna-Welirang) pada tanggal 5-7 Oktober 2008. Sungguh tidak percaya dengan kekuatan ku yang seadanya aku berhasil menggapai puncak Welirang tanggal 6, kemudian besuk nya aku berhasil menapakkan puncak Arjuna disambut tebaran hujan es. Sungguh menajubkan dan luar biasa buatku pertama dalam hidupku merasakan jagung.

Pendakian ke-3 ku berlanjut pada tanggal 23-27 Januari 2009 dengan modal nekat juga berhasil menundukkan 2 puncak yaitu Merapi-Merbabu (Double M). Walau musim hujan tetapi alhamdulih lancar. Pendakian yang menurutku tragis dan nekat karena hujan waktu dipuncak, selain itu tanpa ada ijin dari pos basecamp merapi. Padahal klo tanpa ijin gak bakalan terdata jika sewaktu2 aku dan teman-temanku hilang atau nyasar. Padahal sekembalinya dari merapi seminggu kemudian 6 pendaki merapi hilang berasal dari Jogja yaitu dari Satu Bumi Fak teknik UGM. Hua….. Selamat dan sukses merupakan pendakian ke-3 doubleku ini, walau belum sempat menjejakkan puncak garuda yang terkenal itu tapi syukur tidak lupa karena kemegahan kedua gunung yang aku takhluk kan itu. Kapan2 akan aku ulang pendakian merapi agar aku bisa menapak puncak garuda sebenarnya atau pun puncak tertinggi merapi sekarang 2965. Menurutku dari Grade gunung yang pernah ku daki sebagai berikut : (level dari terberat ke paling ringan menurutku)

kenteng songo

kenteng songo

1. Gunung sindoro 3150 Mdpl merupakan gunung melelahkan, banyak tipuan yang buat hati gundah karena gak nyampai2. Pendakian yang perlu di perhitungkan juga.

2. Gunung Merapi 2965 Mdpl walau merupakan gunung yang ditempuh dalam waktu super singkat tapi menurutku 700 meter puncaknya bikin dag-dig-dug karena saat itu qt bawa full paking tas carier ke puncak takut logistik dll buat pendakian merbabu hilang.

3. Gunung Lawu 3256, trek yang sekarang jauh lebih sulit karena sudah terdiri dari undak-undakan (anak tangga), bikin capek dan juga bikin pantat kendor. Walau uwd mendaki 3 kali kenangan berkesan saat pendakian pertama qu kehujanan karena ga bawa ponco, dan merupakan rekor cepat juga naik 4 jam, turun lari hanya 2 jam. Wow..saat itu masih SMA jadi masih kuat2 nya.Berbeda dengan sekarang paling tidak butuh 6jam untuk sampai puncak dan turun 3,5 -4 jam

4. Gunung Sumbing 3371 Mdpl, walau rutenya juga ga heboh tapi lumayan dasyat juga karena pas waktu itu team Arismaduta nyasar melewati jalur sungai dari awal. Busyet grade lumayan lah buatku

5. Gunung Arjuna 3339  Mdpl, menurutku gunung yang indah dan alami. Jalurnya lumayan ngetrek tapi dapat wiew bagus hujan es. he2x

6. Gunung welirang 3154 Mdpl, gunung yang hancur buat hidung dan mata karena debu semua, tapi asyik juga lihat awan dan asap mengebul dari pantat gunung ini.

7. Gunung Merbabu 3134 merupakan gunung yang lumayan indah karena ada sabananya. Sayangnya ga ada air juga.

8. Gunung Wilis 2165 Mdpl merupakan gunung favoritku karena treknya sejuk sehingga sampai 6 kali aku mendakinya.

Mulai dari ekspedisi pertama team Arismaduta yang nyasar sampai hal yang buat hiburan tracking aja.Huakaka.

sekian reverensi gunung yang pernah didaki semoga bermanfaat.

14 Februari 2009 - Posted by | pecinta alam |

5 Komentar »

  1. tolong kasih info pendakian di wilayah jawa timur, ku pingin banget sana tapi masih minim informasi, dulu sempat punya buku panduan tapi keburu hilang.

    Komentar oleh wanabuana | 31 Maret 2009 | Balas

  2. Ada baiknya coba mendaki Gunung Arjuno dari desa Sumber Watu (sekitar Purwosari, sebelum Kebon Raya Purwodadi). Karena pemandangan justru lebih indah dari trek ini. Ada banyak situs2 purbakala -yang tentunya sangat dilindungi oleh negara-
    Ada Gua Ontobugo, Mata Air dan situs Dewi Kunti, Situs Eyang Semar, Candi Wahyu Makutoromo, Candi Sepilar, lalu terakhir Prasasti Jaya Dwipa. Nah dari prasasti ini, dah lumayan dekat ke puncak Arjuno, lalu teruskan ke Puncak Welirang.
    Sekitar 30 turun dari puncak welirang, ambil jalur ke kanan (kalo teman2 sering bilang Puncak Kembar). Coba ngecamp di Puncak Kembar, dijamin keren…, Viewnya Gunung Penanggungan di kejauhan.

    Turun dari puncak kembar, melewati Hutan R. Suryo, ke arah Pemandian Air Panas di Pacet Mojokerjo.

    Yakinlah…, itu perjalanan yang sangat mengasikkan. Karena aku dah beberapa kali melakukannya.

    Salam,
    Woodybackpacker

    Komentar oleh Woody | 25 Mei 2009 | Balas

    • Iya mas tar kalo ada waktu tak coba jalur ini, kemaren kan pas ndaki Arjuna -welirang ngebut cos keburu habis deh liburan hari rayanya ya itung2 cari cepatnya aja gitu mas. Tapi alhamdulillh 1 hal yang bikin seru pertama kali dalam hidupku disuguhi hidangan hujan es….. Thanks ya mas woody.

      Komentar oleh Ferry Ogi Setiawan | 25 Mei 2009 | Balas

  3. Ati2 tuh kencing tar gak kembali lho…kencingnya maksudnya

    Komentar oleh satuempat | 31 Mei 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: